RPM Yamaha Vixion Naik Turun?, Cek Kiproknya

Kawan, kali ini salah satu sahabat MDblog yang menjadi objek tulisan, lebih tepatnya motornya doi. Awalnya doi mengeluh tentang Yamaha Vixionnya yang lansiran 2010 itu ketika dipakai pada malam hari selalu mbrebet disertai rpm yang naik turun dan lampu serta sein yang meredup galau seperti perasaan hati ridernya.*Eh. Oiya kawan, motor sahabat MDblog (sebut saja namanya Bunga Roby, 22thn) ini sebelumnya habis ngandang cukup lama, sekitar 2bulan. Wah lama bener ya.. kucing aja bisa beranak tuh *eh.

IMG_20140105_111134

Kemudian Roby bertanya pada MDblog tentang keganjilan sang kuda besinya, melihat kondisi motornya yang terawat, (karna MDblog sering diajak buka bengkel dadakan ama empunya motor, jadi tau luar dalamnya) vonis pun ditujukan pada si aki atau si kiprok, nah lo! Kenapa pakai atau?.

Untuk memastikannya MDblog memberitahu Roby untuk menstater sang kuda besi dengan posisi klakson, sein, lampu rem, lampu utama dan lampu jauh menyala. Ckek.. Jreng….*ceritanya suara motor nyala. Dengan entengnya pun mesin menyala. “Akine aman Rob!” kata MDblog disertai senyum simpul Roby karna ga jadi ganti aki baru, wkwk. Kemudian tes kiprok, MDblog mengutus Roby untuk beli multimeter, karna punya MDblog ada di Surabaya, namun untuk usaha pengiritan akhirnya MDblog pun usul untuk dilakukan pengecekan di Shop n Drive Gresik, berangkatlah kita berdua kesana. Hasilnya bisa ditebak, output aki under 12v yang abnormal, terutama bagi motor berinjeksi.

IMG_20140105_104044

Ketika akan memberikan ongkos untuk mas mekaniknya, eh disuru bawa aja.. dipaksa paksa pun tetap keukeuh ga mau nerima, hehe.. thx Mas!. Ini ni foto Shop n Drivenya, mantap!.

IMG_20140105_104024

IMG_20140105_100807

Perjalanan pun dilanjut ke dealer Yamaha Jl. Panglima Sudirman, namun barangnya kosong, akhirnya pindah ke beres Kebomas dan ada!, bungkus deh… mau sekalian pasang eh kok rame banget. Akhirnya MDblog ajak Roby untuk pasang DIY aja, wong gampang kok.

IMG_20140105_110848

Harga kiprok, IDR 250.000. (di e-catalog harganya IDR 251.000 kawan).

Nyampe rumah MDblog dan Roby langsung mretelin si Vixion, mulai dari melepas Plenger belakang dan kemudian kempol kiri. setelah itu copot kiprok yang lama dan pasang yang baru :), kemudian balikin lagi deh kempol ama plengernya, selesai :). Kini sang Vixion bisa mengaum tanpa batuk lagi.. Semoga bermanfaat kawan :D.

IMG_20140105_111819

IMG_20140105_111455     

Posted on 4 Februari 2014, in Do It Your Self (DIY) and tagged , . Bookmark the permalink. 62 Komentar.

  1. ajib tenan, ojo2 nggone kancaku yo kirpoke

  2. Betul om…..
    Biasanya kalo vixion jarang dipake kencang (dlm kota alon2 macet2)…kiproknya cepet loyo…
    Krn pengisian akinya gak maksimal…

  3. Tri_Aja_Gunung_Kidul

    jangan lupa cek SPUL jg bro…yaitu rpm naik turun..
    karena ane pernah ngalami …..kiprok ok tapi spul putus 1 gulungan ( ada 3 gulungan ) tapi motor masih bisa jalan..cuma pengisian drop…pas macet brebet setrum ke pompa drop volt ny..semoga bermamfaat..salam dr si Vixy biru’07

    • yup bener mas.. tapi biasane kalo spul gejalae frequensine sering, beda ambek kiprok yang kadang-kadang mlempem pas eror e kumat, hehe.. tp nek wes parah yo podo wae se :p

    • yup bener mas.. tapi biasane kalo spul gejalae frequensine sering, beda ambek kiprok yang kadang-kadang mlempem pas eror e kumat, hehe.. tp nek wes parah yo podo wae se :p

  4. Mas,saya punya vixi 2008 pas aki mau drop vixi ane terus ane pake.sampai2 pas jalan tiba2 macet.akhirnya saya langsung ganti aki.motor jadi enak .eh pas paginya mau dipanasin distater gak bisa.ane bingung padahal baru ganti aki.kira2 apanya ya mas

    • Salam mas… maaf bgt baru bisa balas, lg g ada laptop neh MDblog T_T. Ini balasnya dari android deh…

      Kalo stater kaki bisa ga?
      MDblog curiga itu kiproknya yg kena karena ada gejala mbrebet sebelum mati. Nah fungsi kiprok seperti yg kita tahu kan sbg komponen pengisian aki, jadi meski aki baru tp kalo isinya habis tanpa direfill dari kiprok jadinya sama aja bohong bro…
      Cara tesnya, pake multi tester di aki dan amati tegangan, jika under 12v ketika nyala maka positif kiproknya kena.

      Segera bawa ke beres Yamaha terdekat, harga kiprok Yamaha 251ribu.

    • Kang aku mau tanya soal RPM.. waktu kontak di nyalain pertama jarum rpm masih naik turun.. tpi pas di stater trus di gas gas jarum rpm cuma diem aja gx bisa naik tuh knpa ya..

  5. gan mtr sy pny mslh sama , sdh sy ganti spulnya jg kiprok, tetep mbrebet jg, lebih2 sy nyalakan lampu rpm lgsg turun dan mati,solusinya gmn y. vixon th 2009

  6. podo sama punyaku, tp kata tmenku suruh ganti spul dlu aja, . Coz tmenku jg pernah gt, udh d ganti kiprok jrak semggu eror lg.. Akhry gnti spul jg kiprok.. Thanks

  7. add facebook gan.. Untk solusi vixion,. Mtorku udh brhari hri d bngkel. Akun #fardholi_imron@yahoo.co.id

  8. ajib kembali 😀

  9. Salam kenal Mas , vixion saya kemaren ini mati tiba” , lampu kuning nya kedap kedip , starter gabisa , rpm pas jalan ga naik , pas saya bw ke bengkel sekringnya di ganti tetep gabisa , taunya akinya yg mslh , diganti bisa nyala lg pdhl br ganti aki seminggu lalu .itu kenapa yah mas?

  10. salam kenal mas, mau tanya, motor saya r15 sempet pasang hid projektor dan sempet terkor akinya, kemudian saya ganti aki. cuman sampe 3 bulan aki drop lagi dengan gejalah lampu indikator kuning menyala dan rpm naik turun saat baru jalan tetapi lama kelamaan hilang, tetapi timbul terus saat baru di nyalakan (mesin dalam keadaan dingin) uda di cek ke yamaha katanya si akinya, kemudian gak lama saya ganti aki lagi yang 6 ampere, baru gejala tersebut gak timbul tapi selang 2 minggu gejala tersebut muncul lagi. padahal lampu uda saya balikin normal lagi (saat ganti aki pertama). Mohon mas solusi nya biar si baby r6 ane bisa normal lagi T-T. sory jadi curhat gan. mohon di balas yah gan. thanks

  11. gan motor saya ada trouble nih pas mesin dingin mesin normal tapi pas udah dibawa jalan agak jauh rpm lmpu drop suara brebet apanya ya gan .thankz by #ridwan

  12. Gan,skarang gini.ak pengen tanya soal spul vixion..kalo di tes pake multi ,yg tiga fase dari spul,di tes ada dua yg nempel ama body.itu normal gak?

    • Wah.. Kalo spul belum pernah ngetes pake Multitester Bro… Jarang bgt soalnya trouble d bgian itu. Yg pendek umurnya biasanya si Regulator Rectifier alias kiproknya

  13. Gan saya punya R15 saat stater awal baik baik aja.. setelah di pakai 200 meter lampu injeksi nyala dan motor ngadat ngadat gan.. apa kira kira masalhnya gan..? Tolong dibantu..

  14. Bos vixion q 2010 jarum rpm posisi netral terus lampu reting dihidupkan jarum rpm jadi naik turun kadang mati trs hidup lgi?

  15. Gan voixion saya padahal baru ganti aki ama kiprok sakarang tambah mati total gak bisa hidup

  16. Salam kenal Bos…motor saya vixion 2012 masalahnya pada saat nyalakan lampu motor ngadat-ngadat,rpmnya ngak jalan dan dan starternya ngak bisa padahal akinya baru di ganti..gimana solusinya bos….

  17. kok saya ganti kiprok kena 550 ribu

  18. saya ganti kiprok kena biaya 550 ribu

  19. Gan mtr vixi saya ada mslh pas jln mesin mati tpi listrik msh nyala trs lngsung bsa jln lgi,, pasti mati d rpm tengah,, itu knp yy ,, kiprok ato spul ny yg bermsalah,,,

  20. Langsung ja bos. npa motor vixion saya lampu kuningnya berkedip hingga mesin mati saat lgi jalan diaspal hitam. mohon gmna solusinya bos

  21. Boss, vixion punyaku kiproknya panas klo pas mesin nyala,tambah lagi kalo posisi mesin hidup, trs lampu utama di nyalakan rpm tidak brgerak sama sekali, penyakitnya apa, mohon pencerahanya

  22. gan kalau kiprok soak bisa ngrusak aki ga?

  23. Sori bro…vixion ane 2009,bru abis gnti aki seminggu udah lemah…ane idupin mesin brebet”,ane nyalain lmpu lngsung mati,coba tuker pke kiprok temen sama aja…apanya ya brooh..ada ga kmungkinan spul atau cdi ny yg kena…please masukannya

    • Cek pake multimeter ngukurnya, outpute kiprok bijimane Gan. Terus kalo gak normal, mundur cek spull, kalo g normal, kumparannya di cek. Tapi mending cek pke diagnostic tools wae Gan. CDI mokat kek gt juga soale gejalanya,

  24. Gan vixion 2013 saya rpmnya kadang mati kadang hidup,,lampunya kdang terang kadang nggak,,trus lampu indikator kuning nyala kalau mesin panas dan habis itu mati…pdhal hbis gnti aki,,kiprok di test juga normal..

  25. Vixi saya akinya tekor gan. Rpm kalau baru dihidupin normal tapi nggak lama kemudian mati. Lampu indikator kadang suka nyala. Lampu utama kadang suka mati. Kalo di gas gede gigi netral brebet. Itu dari apanya ya gan. Apa minta ganti aki saja. atau juga kiproknya
    Mohon pencerahan

  26. Vixi saya akinya tekor gan. Rpm kalau baru dihidupin normal tapi nggak lama kemudian mati. Lampu indikator kadang suka nyala. Lampu utama kadang suka mati. Kalo di gas gede gigi netral brebet. Itu dari apanya ya gan. Apa minta ganti aki saja. atau juga kiproknya
    Mohon pencerahan. Oh ya vixi saya tahun 2010

  27. Mau tanya mas vixi saya itu mrebet terus..pas d ganti aki nyala tapi ga lama aq ngedrop lagi lampu redup terus nyala lampu koneng d sepido meter itu kendalaya apa ya mas.?

  28. Bos kode kiprok buat vixion yang ori apa ya?

  29. A kode kiprok vixion old apa ya?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.