DIY : Repaint Knalpot Bajaj Pulsar UG3

image

Bajaj Pulsar UG3 milik MDblog ini sudah berumur 7 tahun kawan, kelahiran 2007 bulan 3 Tanggal 27. Untuk menjaga penampilan agar ndak kalah sama saudara-saudaranya yang berumur lebih muda maka MDblog pun menjadwalkan rencana restorasi kecil-kecilan.

Sektor-sektor yang akan “disentuh” pun didapatkan seperti ini :

1. Exhaust System a.k.a. Knalpot 😀
Meliputi penambalan bagian yang bolong dan tipis, membersihkan karat dan cat dengan sandblasting, mengganti baut-baut yang sudah berumur dan finishingnya di cat ulang dengan cat Hi-Temprature.

1.1 Penambalan
Bagian yang keropos di tambal, eh ternyata setelah di kelupas catnya makin ketahuan plat yg bolong dan udah tipis, jadi 2x mampir ke tukang Las.

image

1.2 Pelepasan Cat Ori
Setelah penambalan, berikutnya menghilangkan  cat orinya yang sudah kusam, menggunakan amplas (gak nemu jasa sandblast mas brooo). Karna cat ori ini susah dihilangkan, maka MDblog menggunakan Paint Remover yang sangat ampuh “ngerok” cat orinya, finishingnya pake Hammer Drill yang ujungnya dipasang Cup Wire Brush.

image

image

image

Paint Remover, awas kena kulit!

Paint Remover, awas kena kulit!

*penggunaan paint remover wajib memakai safety glass dan gloves, gatel broo kena kuliit!. Md blog sempet kecipratan dimata, udah takut buta Mas Brooo, parno. Untung gapapa.

1.3 Pengecatan

MDblog menggunakan Cat merk Autolux dari Nippon Paint berjenis Hi-Temp yang di claim tahan terhadap suhu panas hingga 600 derajat celcius. Untuk warnanya hanya ada dua, silver dan hitam muffler, ambil yang hitam muffler deh :D. Pengecatannya MDblog buat dua layer, yang pertama tipis dulu dan 15 menit kemudian baru ditimpa layer ke dua.

IMG_20140308_135043

Layer satu

IMG_20140308_135037

Layer Dua

IMG_20140308_133905

MDblog bersiap nge cat, toplesss.. wkwkwk

IMG_20140307_093004

Autolux, Muffler Black

1.4 Finishing
Pemasangan baut-baut baru dan Pelindung panas yang telah dibersihkan.

image

Dari kusam, diamplas

image

Bagian depan yang dekat blok

Dan jadi seperti ini… 🙂

image

Dari amplasan, udah di cat

image

Muluss

image

Jadi Apik

Lama pengerjaan 4 hari mas Bro, 2 hari ngelotoki cat, 2 hari ngecat ulang, hasilnya memuaskaaaan :). Biaya yang keluar juga minim, hehe. Sisa cat pylox dipake buat nebelin cat blok biar senada.

image

Blok kiri

 

image

Blok Kanan

Oiya, ketika selesai pengamplasan, kondisi permukaan leher knalpot udah banyak yang “bopeng” karena kemakan karat, jadi coba punya Mas Bro sekalian di cek, biar g rapuh n gampang patah ketika kejedok bisa dihilangkan pake WD n di sikat kawat, dan di seal pake cat anti panas agar tidak kontak langsung dengan udara yang membikin cepet berkarat.

Semoga bermanfaat Mas Bro :).

Baca juga :

Posted on 10 April 2014, in Do It Your Self (DIY), Info Roda Dua, Pulsar, Serba-Serbi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 22 Komentar.

  1. wah jadi ajib lagi 😀

    —————————————————–
    Cara Cek Kerusakan CDI

    Cara Cek Kondisi CDI

  2. Sip bro, harga cat high temperature berapaan tuh?

  3. Bro catnya tahan berapa lama?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.