DIY : Repaint Knalpot Bajaj Pulsar UG3
Bajaj Pulsar UG3 milik MDblog ini sudah berumur 7 tahun kawan, kelahiran 2007 bulan 3 Tanggal 27. Untuk menjaga penampilan agar ndak kalah sama saudara-saudaranya yang berumur lebih muda maka MDblog pun menjadwalkan rencana restorasi kecil-kecilan.
Sektor-sektor yang akan “disentuh” pun didapatkan seperti ini :
1. Exhaust System a.k.a. Knalpot 😀
Meliputi penambalan bagian yang bolong dan tipis, membersihkan karat dan cat dengan sandblasting, mengganti baut-baut yang sudah berumur dan finishingnya di cat ulang dengan cat Hi-Temprature.
1.1 Penambalan
Bagian yang keropos di tambal, eh ternyata setelah di kelupas catnya makin ketahuan plat yg bolong dan udah tipis, jadi 2x mampir ke tukang Las.
1.2 Pelepasan Cat Ori
Setelah penambalan, berikutnya menghilangkan cat orinya yang sudah kusam, menggunakan amplas (gak nemu jasa sandblast mas brooo). Karna cat ori ini susah dihilangkan, maka MDblog menggunakan Paint Remover yang sangat ampuh “ngerok” cat orinya, finishingnya pake Hammer Drill yang ujungnya dipasang Cup Wire Brush.
*penggunaan paint remover wajib memakai safety glass dan gloves, gatel broo kena kuliit!. Md blog sempet kecipratan dimata, udah takut buta Mas Brooo, parno. Untung gapapa.
1.3 Pengecatan
MDblog menggunakan Cat merk Autolux dari Nippon Paint berjenis Hi-Temp yang di claim tahan terhadap suhu panas hingga 600 derajat celcius. Untuk warnanya hanya ada dua, silver dan hitam muffler, ambil yang hitam muffler deh :D. Pengecatannya MDblog buat dua layer, yang pertama tipis dulu dan 15 menit kemudian baru ditimpa layer ke dua.
1.4 Finishing
Pemasangan baut-baut baru dan Pelindung panas yang telah dibersihkan.
Dan jadi seperti ini… 🙂
Lama pengerjaan 4 hari mas Bro, 2 hari ngelotoki cat, 2 hari ngecat ulang, hasilnya memuaskaaaan :). Biaya yang keluar juga minim, hehe. Sisa cat pylox dipake buat nebelin cat blok biar senada.
Oiya, ketika selesai pengamplasan, kondisi permukaan leher knalpot udah banyak yang “bopeng” karena kemakan karat, jadi coba punya Mas Bro sekalian di cek, biar g rapuh n gampang patah ketika kejedok bisa dihilangkan pake WD n di sikat kawat, dan di seal pake cat anti panas agar tidak kontak langsung dengan udara yang membikin cepet berkarat.
Semoga bermanfaat Mas Bro :).
Baca juga :
- Awas…!!!, Ban Motor Pecah Tiba-Tiba?, Mungkin Karena Ini Penyebabnya
- Nyobain Pedasnya Kuliner Sambal Bu Rudy Lewat Kemudahan Delivery JNE – Pesona Nusantara
- Honda Modif Contest 2017 Sambangi 15 Kota di Indonesia, Surabaya : 16 Juli Bro!
- Pengalaman Seru Nobar #SachsenringGP 2017 di Kopi Kelir Gresik Bareng PT. MPM Distributor
- Buka Puasa Bareng PT. MPM Distributor dan Blogger Jatim Bersama Adik-Adik Yayasan Nurani Mandiri
Posted on 10 April 2014, in Do It Your Self (DIY), Info Roda Dua, Pulsar, Serba-Serbi and tagged knalpot, pulsar, repaint, roda dua. Bookmark the permalink. 22 Komentar.
Jos
muantap bgt….
Horeeeeee canggih ya 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/10/wow-spyshoot-yamaha-byson-warna-hijau-unyu-unyu-di-depan-warungasep/
canggih dong 🙂
wah karatnya gak nguatin mas hehee…
di kuat kuatin aja deh, wkwk
Hahhahahaa… jossss pulsarnya masih awet, punya teman saya sudah di TT sama supra 125
barang langka sekarang Mas, dilindungi pemerintah. hehe
Weww… itu perlu di diemin dulu nggak ya sebelum dipakai?
yup,, ane siangnya hbs ngecat, bsk siangnya langsung pasang,
wah jadi ajib lagi 😀
—————————————————–
Cara Cek Kerusakan CDI
jadi cantik
😀
Sip bro, harga cat high temperature berapaan tuh?
diatas ada harganya bro difotonya,, 20rb an.. hehe
Wah joss, bisa buat referensi.
yoi,, tinggal semprot jadi maknyus
cakep jadinyaa. bisa nih dicontek caranyaa….
🙂
awas ketauan pengawas Mas Bro kalo nyontek
jadi mulus lagi
Bro catnya tahan berapa lama?
Sampe sekarang masih lumayan kok, cuman di leher knlpot wes mulai karaten lg bro, dikit tp