Kontroversi Memanaskan Motor, Perlukah?

PERLU!, titik.

sekian :).

20130614-mesinVEGAzr-1

wkwkwk… ngaco banget tulisan hari ini, okeh begini alasannya.. MDblog kupas lebih spesifik untuk kendaraan yang sudah ditinggal lama dan akan dipakai.

Do (lakukan) :

untuk motor dengan enjin cut off, posisikan engine cut ke off kemudian stater beberapa kali agar oli bersirkulasi dan menempel ke komponen di dalam mesin. sehingga meminimalisir keausan yang terjadi akibat gesekan antar komponen. setelah itu baru nyalakan seperti biasa dan tunggu hingga putaran mesin stasioner.

alasannya, untuk motor yang ditinggal lama, lapisan oli yang menempel pada kendaraan akan turun akibat gaya gravitasi dan yang tersisa mungkin hanya lapisan film yang sangaaat tipis pada permukaan komponen. FYI, trik ini juga digunakan oleh Bike Builder luar yang akan melaksanakan ritual First Start pada motor buatan mereka, jadi.. kenapa tidak dicoba?.

Don’t (ojo dilakoni) :

– menahan electric stater terus-terusan agar motor cepat menyala.

kadang ketika motor sudah terlalu lama mati dan jarang dipanasi (koyo motore MDblog, gelek ditinggal berminggu-minggu.. wkwkwk), sekali stater dengan elektrik stater kadang tidak mempan. Nah agar aki tidak koit, untuk motor dengan stater kaki lebih baik gunakan itu. Jika tidak ada dan terpaksa menggunakan stater elektrik, berikan jeda antar stater sekitar 5-10 detik, dibarengi sedikit umpan bukaan gas. dan ketika sudah menyala, jangan digeber-geber dahulu.. tahan gas di rpm rendah (jika setelah motor nyala namun mati lagi), agar sirkulasi oli lancar dan melumasi permukaan komponen jeroan secara sempurna.

Semoga saran dari MDblog bermanfaat kawan, ada yang mau menambahkan? :D.

Posted on 6 Februari 2014, in Tips Motor & Berkendara and tagged . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. cie, ngeblog lagi setelah 2 bulan fakum, keep post brother
    http://handareka.blogspot.com

  2. Tri_Aja_Gunung_Kidul

    ok mas bro..
    ojolali kasih alas ban men ora cepet kempes nak di tinggal lama..hihi

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.