Bajaj Pulsar UG3 Kanibal Kampas Kopling Scorpio, Perhatikan Hal-Hal berikut (Bagian 1)

image

Jeroan Pulsar YG3

Kawan, penggunaan parts kanibal bagi Pulsar user sudah bukan hal yang aneh lagi. Kali ini Bajaj Pulsar UG3 lansiran 2007 milik MDblog akan mengkanibal part kamkop milik Yamaha Scorpio tahun kapanpun dengan harga yg jauh lebih murah dari Ori, cukup dengan IDR 26 Ribu perlembarnya dengan kode part 5BP-E6321-00 sebanyak 5 lembar, sedangkan lembar yang lebarnya lebih sempit (judder spring) tetap memakai milik UG3. Sedangkan harga orinya sekitar IDR 400 Ribu, walaaaah.. selisih e lumanyun Brooo…!!!, hehe.

image

Kamkop ori Pio, muraaaah 😀

Langkah awal :
1. Tap oli dan dilanjut bongkar baut engkol stater, sling kopling, kemudian footstep dan bak kopling.
2. Lepas filter oli sentrifugal dan pompa oli.

image

Bongkar..!!!

3. Lepas per kopling (4 biji untuk Ug3).
4. Lepas 6 lembar kamkop ori pulsar, dengan kunci mahkota lepas mangkok kamkop dengan menahan balancer.

image

Kunci mahkota wajib punya

5. Bubut selembar kamkop untuk peletakan awal, karena diameter dalamnya lebih besar. Kira-kira 1.5mm.

image

Tukang bubut in action

image

Setelah dibubut jadi pas.

6. Rendam kampas kopling kedalam oli sebelum dipasangkan.
7. Rangkai kembali mangkok kopling setelah dibersihkan kemudian pasang kamkop, washer plate dan judder spring sesuai urutan pas di langkah 4. Pasang per koplingnya dengan pengencangan yang bersilangan.
8. Bersihkan oil strainer, filter sentrifugal dan baut kembali ketempatnya.

image

Oil strainer udah bersih

image

Filter sentrifugal dan kotorannya. Ampas kamkop ceritanya

9. Bersihkan bekas paking bak oli, pasang yang baru dan pasang bak oli dengab mengencangkan baut-bautnya secara bersilangan. Pasang foot step, engkol dan sling koplingnya.

10. Isi oli dan kemudian biarkan langsam beberapa menit sambil setel jarak bebas kopling.
11. Test drive deh… :).

Tarikan UG3 MDblog pun jadi ringan dan otomatis bbm sedikit lebih irit karena g butuh betot gas terlalu dalam kalo mau kenceng broo… hehe. Tetep ingat safety yak tentunya;).

Di bagian kedua akan MDblog bahas tentang biaya, troubleshooting dan beberapa mitos tentang penggantuan kamkop ya Broo.

Sekian.
*model diatas diperankan oleh Cak Basit bengkel Pulsar Gresik 😀

Posted on 5 April 2014, in Pulsar and tagged , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. pertamax untuk TS 😀

  2. Mas dani…ini bengkel sebelah perumahan petro yak???bubut juga di bengkel itu????mau kesana liat dari jalan ga nahan antrine cak…

    • wik.. enek suhu Om Baried rek :malus

      bengkel masang e bener ndek sebelahe perum petro Om, tapi mbubute ndek Jl. jaksa agung mas.. lumayan 20k

      mending ambil kampas awal sebiji punya ninin, harga 54k. hehe

    • oh salah, regane 60k Om.. hehe.

      kode part : 13088-1098 @60k
      judder spring e 13088-1085 @53k
      tumbas e nak kawasaki, lebih nggigit n lebih awet soale jalur sirkulasi oli lebih akeh drpd Pio, hampir mirip kyok ori Om,

      utowo nggawe iki :
      Daytona VX
      D-DR-PFVX-K-1098 210K – set

      tku nak Daytona Kenjeran.

      Maleh bocor alus iki konten tulisan berikutnya -,-” wkwkwk…

    • suhu opo omm..wkwkwkwkwk
      pulsar mangkrak ki…bengkel do tutup

  3. sal ken mas, sayang ane gak punya ug3.. klu ns bisa pakek punya scorpio gak ya?
    http://handareka.blogspot.com/2014/04/pengumuman-diskon-5-juta-p200ns-di.html

    • weleh.. kalo NS bisa pakek KAMPAS REM aja Mas..

      *ambek mbalang klompen sebelah kiwo
      Nda, gawekno logo blog Nda…
      ngko tak kei klompen seng tengen cek jangkep

  4. kalau ug4 selain kampas kopling RXZ, apa lagi substitusinya bro…#ngelus2 ki bagong p180 ug4 ane…..
    http://78deka.wordpress.com/2014/04/06/naik-kendaraan-bermotor-itu-seperti-naik-bom-molotovnaik-motor-itu-seperti-naik-bom-molotov/

  5. cendol@yahoo.com

    manta gan…trus biar ngk kendor tarikannya peer komping recomendasi apa selai pakai bawaanya..

  6. arah drat balence pulsar 180 kemana ?

  7. arah drat filter centrifugal UG 3 kanan/ kiri?

  8. Pompa oil pulser sama dengan apa bro

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.