Penyakit Motor Matic : Dinding Ban Belakang Gampang Bocor Bro!
Pagi Kawan!, piye kabare? enak jamanku tho? eh salah… :p maksudnya semoga sehat selalu dan tetap semangat! hehehe…
Kali ini MDblog ingin sharing pengalaman tentang +/-3 tahun memakai matic Mio J dari Yamaha. Bukan review konsumsi bensin atau performa setelah 3 tahun masbro.. tapi lebih ke “keunikan” matic yang satu ini dibanding yang lain (dengan perbandingan juga ada Honda BeAT dirumah). Keunikan? maksud e piye..???. Jadi gini masbro, semenjak pembelan lebih dari 2 tahun silam.. motor ini menjadi motor operasional adik MDblog pas SMA, jadi jarak tempuh perhari PP hanya sekitar 15Km saja dengan medan aspal datar dan halus disertai sedikit paving. total beban yang dibawa setiap hari sekitar 140-150Kg an. perjalanan jarang stop n go karena lalu lintas lancar dan avg. speed di angka 40 an.
Nah, dari variabel diatas kebayangkan betapa santainya beban kerja si Yamaha Mio J ini?, namun disinalah letak keunikannya. Ban Belakang sering bocor pada dinding sebelah kiri. Nah lo!, ini dinding ban masbro bukan karena paku ataupun kawat… analisa tukang tambal ban sih karena mesin terlalu panas dan membuat kompon karetnya ban dalam melunak, ketika berputar di kecepatan tinggi ban dalam, dan sisi dalam ban luar saling bergesakan dan pada bagian yang terlemah akan bocor, diperparah jika kondisi tekanan angin pada ban kurang sesuai (sekitar 33 Psi), apalagi kalo terlalu kempos jadi lebih gampang bocornya masbro.
Terakhir 2 hari yang lalu MDblog nambal lagi di dinding sebelah kiri, sudah ada 2 tambalan di ban dalam belakang baru Yamaha Mio J ini… kedepannya kalo ban luar sudah habis mungkin akan dipertimbangkan menggantinya dengan tubeless saja masbro :), bagaimana dengan Mio J milik masbro sekalian?, apakah sering mengalami kejadian “aneh” bin ajaib ini, semoga saja tidak perlu mengalaminya masbro, cukup hanya MDblog saja.. Semoga bermanfaat.
baca juga :
- Awas…!!!, Ban Motor Pecah Tiba-Tiba?, Mungkin Karena Ini Penyebabnya
- Nyobain Pedasnya Kuliner Sambal Bu Rudy Lewat Kemudahan Delivery JNE – Pesona Nusantara
- Honda Modif Contest 2017 Sambangi 15 Kota di Indonesia, Surabaya : 16 Juli Bro!
- Pengalaman Seru Nobar #SachsenringGP 2017 di Kopi Kelir Gresik Bareng PT. MPM Distributor
- Buka Puasa Bareng PT. MPM Distributor dan Blogger Jatim Bersama Adik-Adik Yayasan Nurani Mandiri
- Press Release : Suzuki Asian Challenge 2017 “Kejar Target Lebih Tinggi di Jepang, Team Suzuki Indonesia Giat Berlatih”
- Press Release : Pendaftaran Yamaha Engineering School (YES) Angkatan 10 Surabaya Kembali Dibuka Guys…!!!
- Pentingnya Perilaku Berkendara Aman di Jalan Raya, Mendasar sih… Tapi Susah! #cari_aman
- Ini Daftar Pemenang 6 Kelas Astra Honda – Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) 2017, Cie…. Yang Pergi ke Jepang Sukses Ya…!!!
- Meriahnya Gelaran Astra Honda – Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) 2017 di Surabaya Oleh PT. MPM
Posted on 1 Juni 2014, in Info Roda Dua, Tips Motor & Berkendara, Yamaha and tagged ban motor sering bocor, ban yamaha mio j, mio j, yamaha mio j, yamaha nio j bocor. Bookmark the permalink. 43 Komentar.
Wew mantap juga tuh analisa tukang tambalnya,hehe…
http://warungasep.wordpress.com/2014/06/01/hasil-kualifikasi-motogp-mugello-terlalu-mudah-untuk-marquez-hingga-rossi-pun-putus-asa/
tukang tambal ijazah sarjana kali ye kang :p
Galeri Foto Acara Makan Malam bersama 100 Pembeli Pertama Yamaha R25
http://motobikerz.com/archives/5031
josss
wah nggak punya matic 😀
——————————————-
Tips & Info Pasang Stoplamp LED
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/06/01/pasang-lampu-rem-led/
punyanya motorsports yo kang 😉
Mungkin apes bro 😀
mungkin ban ane lapar bro, minta jajan mulu
coba ganti pake velg ruji lek…..pake velg racing panas nya bertumbuh 😆 http://ridertasik.wordpress.com/2014/06/01/streetfire-operasi-kaki-kaki/
wah, iya juga ya.. panasnya kesimpen di palang…
Baru denger kejadian begini..sip
http://cahyadip.wordpress.com/2014/05/31/inikah-mobil-murah-kedua-dari-suzuki-indonesia/
nah,,, BeAT dirumah juga ndak gini-gini amat padahal kang, apalg PCX :p
pantesan punya mhsi di kampus sering banget bannya bocor… ngeluh dia, motor mio j
http://rohimmoto.wordpress.com/2014/05/22/over-all-yimm-mampu-menuruti-kemauan-pasar/
nah… diganti tubeless biar joss.
motornya sama mio j nya.. apa karena memang overheat ya mas..
Klo ganti tubeless gimana mas?
Nitip mas, Komparasi Data Uji Performa Honda Old CBR 250R VS New CBR 250R – Power dan Top Speed Meningkat, 26.17 hp on Wheel Versi Dyno…
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/06/01/komparasi-data-uji-performa-honda-old-cbr-250r-vs-new-cbr-250r-power-dan-top-speed-meningkat-26-17-hp-on-wheel-versi-dynomite/
mustinya ndak bakal ada gejala bocor di dinding ban lagi mas.. ini nunggu habis batikan bannya, udah agak tipis… langsung ganti ke tubelesss
Hemm…motor 4 tahun VCBS juga aman-aman saja
—–
http://nyobamoto.com/2014/06/01/6-kali-pole-position-mampukah-marquez-menyempurnakannya/
aman 😀 BeAT juga amaaannnn
mio j nya istimewa hihihi…selamat berlibur…
Wkwkwk… sering silaturrahmi ke tukang tambal ban neh 2-3bulan sekali :p
selamat liburaaaan
waw gtu ya mas bro 🙂
http://eenendangsarielmuhyiblog.wordpress.com/2014/05/31/muslimah-kapelan-ala-tiong-hoa/
yoi mbak sist… 😉
Iya bro vario 125 jga ban belakang yg sering bocor..kemarin tak tamblno nang pongangan pinggire gapuro
wah,, kok sering nak pongangan ki masbro… sekali-kali boleh ngopi bareng ndek pongangan bareng blogger n komentator otomotif liane 😉
tambal ban e lulusan ndi iku yak..
ITB mas… Intitut Tambal Ban :p
Ya mas aku jg ngalamin hal yg sama..kira2 hrga ban tubles nya brp ya..
Di Planet Ban ada merk Corsa, 120rb dah include pasangnya
Iya mas bro punyaku juga sering bocor mungkin bukan hanya ban.nya yang di ganti motornya mintak di ganti 😀
iya mio kok srg bocor ya, kl ga gitu srg anginnya berkurang….jadi mikir…
sama persis…mio soul ku tap bulan ban belakang ganti ban dalam…(sebelah kiri yg rusak)
tobat,lg seminggu ganti ban njero…bocor mnh,woo…jebul ban njobo sing marai masalah ki,nuwun mas infone
Sekalian ganti tubeless mas nek trouble njobo njero 😀
Bukan Masalah merek motor bro, terjadi bocor berulang kali di tempat yg sama itu berdasarkan pengalaman saya karena masih ada benda tajam yang tersisip di dalam ban belum berhasil diambil, biasanya bentuknya kecil, semacam staples yg menancap, kawat baja tipis yg menancap. kenapa tidak terdeteksi? karena menacap di dalam dan tidak bisa diraba di permukaan , akan menyobek ban dalam saat digunakan berkendara normal ( kasus ini sering disebut bocor alus ) anda perlu mencari dengan detail dengan meraba bagian dalam sambil menekan dari luar menggunakan obeng (atau apa terserah) setelah ketemu, tekan dari luar, begitu nongol di bagian dalam cabut pakai tang dari dalam. Sekian
Kalo di telapak ban.. Masih masuk akal sih bocor alus.. Tapi kalo di dinding?, dan itu kata org tukang tambalnya memang sering terjadi bro…
Wah ane juga bro… jam 2 malem sering bocor yg belakang padahal g kna paku
Di bagian tapak atau dindingnya?, kalo dinding mending ganti tubeless aja bro
Wah jam 2 malem mau kmana bro emangnya. Hhe
motorku juga, akhir2 ini sering bocor tanpa sebab. udah ganti ban luar dalem padal. apa karena velg matic blkng terlalu panas ya?
kalo lokasi bocornya di dinding ban, bukan tapak ban, sepertinya iya Bro… kok gak ganti Tubeless sekalian aja? 😀
Soul gt ku yo ho,oh mas ;(
Podo wae yo
Ping-balik: Awas…!!!, Ban Motor Pecah Tiba-Tiba?, Mungkin Karena Ini Penyebabnya | Mas Dani Blog