Cara Merawat Knalpot Agar Jauh Dari Keropos dan Karat
Kawan, knalpot merupakan salah satu komponen penting yang ada di motor kita, namun ancaman knalpot berkarat atau keropos sering menghantui, Akibatnya penampilan knalpot menjadi kusam atau malah jebol di silencernya yang berakibat suara yang keluar menjadi cempreng.
Berikut beberapa tips untuk menghindari hal-hal diatas:
1. Berikan oli kedalam lubang knalpot.
Memberikan oli kedalam lubang knalpot pada kondisi panas akan menguapkan oli yang masuk dan menempel pada dinding dalam silenser. Menjadikan dinding dalam silenser basah dan karat enggan muncul karena tidak bersentuhan langsung dengan udara. Berikan secukupnya saja, sekitar 50ml. Oiya, selain itu glaswool tidak akan mudah kering.
2. Pastikan drainase tidak buntu.
Knalpot memiliki lubang drainase untuk membuang air yang masuk kedalam silenser agar tidak tergenang. Umumnya terletak di bagian bawah ujung silenser yang dekat dengan pipa leher knalpot, seperti pada gambar dibawah ini
Cara mengeceknya cukup masukkan lidi, jika tidak ada yang menghalangi tandanya tidak ada kebuntuan.
3. Siram air setelah kena hujan
Musim hujan merupakan lingkungan yang subur bagi karat untuk tumbuh, apalagi jika berada di daerah pantai. Udara/air hujan yang mengandung karat dan bersentuhan langsung dengan logam tanpa pelapis seperti cat atau krom akan dengan sangat amat cepat membuat karat tumbuh. Guyur knalpot dengan air bersih agar karat tidak tumbuh ketika habis terkena hujan. Paling sering pada bagian pipa leher knalpot, karena cipratan air yang menempel dapat merusak cat dan leher knalpot merupakan daerah yang sering berubah suhunya secara ekstrim karena posisinya yang paling dekat dengan ruang bakar.
Semoga tips dari MDblog diatas bisa bermanfaat bagi Kawan-Kawan pembaca.
Jangan puas dan selalu haus akan informasi masbro!.
Baca juga :
- Awas…!!!, Ban Motor Pecah Tiba-Tiba?, Mungkin Karena Ini Penyebabnya
- Nyobain Pedasnya Kuliner Sambal Bu Rudy Lewat Kemudahan Delivery JNE – Pesona Nusantara
- Honda Modif Contest 2017 Sambangi 15 Kota di Indonesia, Surabaya : 16 Juli Bro!
- Pengalaman Seru Nobar #SachsenringGP 2017 di Kopi Kelir Gresik Bareng PT. MPM Distributor
- Buka Puasa Bareng PT. MPM Distributor dan Blogger Jatim Bersama Adik-Adik Yayasan Nurani Mandiri
- Press Release : Suzuki Asian Challenge 2017 “Kejar Target Lebih Tinggi di Jepang, Team Suzuki Indonesia Giat Berlatih”
- Press Release : Pendaftaran Yamaha Engineering School (YES) Angkatan 10 Surabaya Kembali Dibuka Guys…!!!
- Pentingnya Perilaku Berkendara Aman di Jalan Raya, Mendasar sih… Tapi Susah! #cari_aman
- Ini Daftar Pemenang 6 Kelas Astra Honda – Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) 2017, Cie…. Yang Pergi ke Jepang Sukses Ya…!!!
- Meriahnya Gelaran Astra Honda – Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) 2017 di Surabaya Oleh PT. MPM
Posted on 2 Mei 2014, in Do It Your Self (DIY), Info Roda Empat and tagged cara merawat knalpot, info roda dua, knalpot berkarat, knalpot kropos. Bookmark the permalink. 37 Komentar.
Jos
mantap!
Wow nice info mas,itu drainase yang lubang kecil dibawah ya,kirain gk ada gunanya… hehe siip 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/05/02/☻-hampir-semua-testimoni-mengatakan-bahwa-kuntilanak-itu-perempuan-berbaju-putih-☻/
Ah, padahal Kang AHM sering bikin motor masa ga tau:p
Kalo cara merawat leher knalpot standar supaya gak kuning gmn ya mas ??
Btw, Nais inpoh kangmass. . . 😀
kalo pipa leher biasanya pasti kalah mas.. cuman ada yang bilang di lumuri oli, terus dipanasin ntar kuningnya ilang.
kalo saran ane, diamplas trus dipilox yang tahan panas. 20rb an kok
Spacy-ku dirawat terus sampe 2,5 tahun akhirnya kalah juga leher knalpotnya mass *curhat
Waoww oke juga tuh, yg bagus merk apa ya mass ? RJ London bagus gak ??
wkwk, mantap tuh 2.5 Tahun baru
nguning!, punya Ibu MDblog blm
setengah tahun udah nguning..
Beat FI. wkwk…
diamplas alus pake grit 2000an
atau 1000, terus dipilox udah
ganteng lagi mas Eno.
kemaren ngecat knalpot Pulsar
pake Aerolux punya Nippon Paint
(sama kaya Pylox), RJ juga bagus
kok. yang 200ml harganya 21rb
tahan sampe 600°c. bisa belasan
kali pakai kuwi Mas Eno…
punya motorku aku cuci pake sunlight. hahaaaa
http://arrayprojects.wordpress.com/2014/05/01/alasan-abs-lebih-milih-rondo-honda-astrea-supra-v-daripada-mokas-lainya/
mengangkat minya dan kotoran 😀
belum pernah coba yang masukin oli
http://sarikurnia980.wordpress.com/2014/05/01/kenapa-beat-fi-hanya-minor-change-dan-tidak-full-fitur-ini-sebabnya/
Sip infonya mas.
Nitip, Kawasaki Z250SL Gallery Foto, Spesifikasi, Fitur dan Harga.
https://prasetyo676.wordpress.com/2014/05/02/kawasaki-z250sl-gallery-foto-spesifikasi-fitur-dan-harga/
sip… thanx udah mampir Masbro
bermanfaat sekali tipsnya mas dab…siipp…saya praktekin di kyubi saya ah.. 🙂
mantap mas Motoblast.. thx udah mampir
Kalau dikasih oli kebanyakan, ngebul yak….
http://kobayogas.com/2014/05/01/first-impression-renault-koleos-2-5-kembaran-x-trail-yang-tidak-kembar/
kalo kebanyakan ntar netes2 dr lubang drainase kang Kobay… kalo ngebulnya pasti ada, tapi cpt ilang kecuali motornya dua tak. wekekekek
Soalnya gara2 itu supra babeh ngebul wkwkwk…kebanyakan keknya dikasih olinya…
wah ojo2 yang dimasukin oli seliter kuwi… basah banget dalamnya, jadi ngebullz
Sama omku (ponakan babeh).. Bisa jadi wakakakaa
telat, knalpot mj sudah keropos dalamnya… hadehhh…
http://satuaspal.com/2014/05/02/pencuri-motor-menyasar-parkiran-masjid/
ndak popo, jadi freeflow kayak racing punya :p
Nhuahahhaha…. tapi ciri khas suara knalpot supra fit jd ilang
wkwk, mantap tuh 2.5 Tahun baru nguning!, punya Ibu MDblog blm setengah tahun udah nguning.. Beat FI. wkwk…
diamplas alus pake grit 2000an atau 1000, terus dipilox udah ganteng lagi mas Eno.
kemaren ngecat knalpot Pulsar pake Aerolux punya Nippon Paint (sama kaya Pylox), RJ juga bagus kok. yang 200ml harganya 21rb tahan sampe 600°c. bisa belasan kali pakai kuwi Mas Eno…
material knalpot sekarang kurang bagus, coba saja bandingkan dengan knalpot megapro keluaran pertama, knalpotnya chrom
iya, sekarang cuman spet powder aja
http://jobnite.com/index.php?task=57156
jos
nanti knalpotnya ngebul dong 😮
—————————————
Test Ride Honda NMP Fi
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/02/sensasi-berkendara-honda-new-megapro-fi/
tipiss kok, ngebul=kencang
itukan duo tak 😮
berarti 4+2=6tak, muantheep *ngelantur
Kalo leher knalpot udah terlanjur karat parah gimana kang caranya? Karatnya udah yang karat njendol njendol itu
http://fachruldeanca.wordpress.com/2014/04/29/spyshoot-produk-hasil-kerjasama-yamaha-honda/
pengalaman kalo karatnya udah parah, besinya terkikis jadi cekung cekung di permukaan pipa (paling sering di leher knalpot), sebelum makin parah, di repaint aja.. tutorial ada disini :
https://masdaniblog.wordpress.com/2014/04/10/diy-repaint-knalpot-bajaj-pulsar-ug3/
jangan sampai ndak dibersihkan langsung di pylox, yang ada malah jadi korosi kavitasi, diluar mulus tapi dalamnya kropos.
semoga membantu mas, beli baru malah aneh ntar, knalpot kinclong, motornya ndak :p
Berarti diamplas dulu? Takutnya kalo mengurangi ketebalan pipa gitu…
oli nya merk apa y mas? merk murahyamalube gear 9ribuan bisa?
wah manteb tenan ki tips dan caranya joss
thanks you tenan mas..
http://motorbaru.com